Kitab Taurat


Taurat dalam bahasa Ibrani disebut Torah dan dalam bahasa Yunani disebutPentateukh adalah kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Musa Alaihis Salam untuk kaum Ibrani. Kata Torah sendiri mengandung makna Yara (membuang), menurut dasar verba Hifil, Yara memiliki arti lengkap: memberi pengajaran, mengajarkan, menunjukkan. 

Taurat (juga dikenal sebagai Lima Kitab Musa atau Pentateukh) berarti petunjuk, itulah sebabnya Taurat sesuai Al Qur'an tidak mengacu pada seluruh Tanakh atau Perjanjian Lama. Semua nabi diatur dengan Taurat 5:44, dan makna Taurat sesuai Al-Qur'an adalah Hukum, disebutkan dalam 5:45; Kami tetapkan dalamnya untuk mereka:  

"Hidup untuk hidup, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga untuk telinga , gigi ganti gigi, dan luka yang sama untuk sama."


 
Scroll Kitab Taurat Kuno
Tapi jika ada orang yang membayarkan pembalasan dengan cara amal, itu adalah tindakan pendamaian bagi dirinya sendiri. Dan jika gagal pun untuk menilai oleh (cahaya) apa yang diturunkan Allah, mereka (tidak lebih baik dari)-orang yang lalim.

Kitab Taurat  terdiri dari 5 kitab, yaitu kitab Kejadian, Kitab Keluaran, Kitab Imamat, Kitab Bilangan, Kitab Ulangan, inilah rincian kelima kitab tersebut:

  • Kejadian, bahasa Latin: Genesis, bahasa Ibrani: beresyit
  • Keluaran, bahasa Latin: Exodus, bahasa Ibrani syemot
  • Imamat, bahasa Latin: Leviticus, bahasa Ibrani wayyikra
  • Bilangan, bahasa Latin: Numerii, bahasa Ibrani bemidbar 
  • Ulangan, bahasa Latin: Deuteronomium, bahasa Ibrani debarim.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar